Jumat, 04 Januari 2013

Pirnas XI Bontang Kaltim


Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional XI Bontang Kaltim


Perhelatan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XI di Kota Bontang Kalimantan Timur yang diselenggarakan dari tanggal 24 Juni hingga 1 Juli 2012 lalu, bersama timnya dari provinsi lain, Kasfur Rahman, siswa SMP Jawaahirul Hikmah Tulungagungi berhasil menjadi peneliti remaja terbaik I tingkat nasional tahun 2012 pada bidang IPS dengan judul penelitian “Pengaruh Suku Lain Terhadap Eksistensi Budaya Bebalai di Kelurahan Bontang Kuala,” mampu mengungguli tim-tim lainya.
Pekan penelitian ilmiah yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini dibagi menjadi tiga bidang secara berkelompok dari seluruh provinsi di Indonesia yaitu IPA, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPT) dan IPS, diikuti 600 siswa SMA dan SMP seluruh Indonesia bersama guru pembimbing.
Sebelum terjun ke lapangan, para staf ahli peneliti LIPI memberikan materi tentang metodelogi penelitian kepada seluruh peserta. Selanjutnya diarahkan ke lapangan untuk pengambilan data sesuai bidang masing-masing. Data yang sudah dihimpun diolah melalui diskusi kelompok, ditulis dalam bentuk karya tulis ilmiah dan power point, langsung dipresentasikan di hadapan dewan juri, lengkap dengan alat peraga.
SMP dan SMA Jawaahirul Hikmah mengirimkan 8 siswa dan 2 guru pembimbing, Kasfur, Aan, Fina, Eka, Ana (SMP), Luthfi, Bukhori, Kasyfil, Syafira (SMA) dan Agus Wiyoto, S.Pd., M.MPd., Mutirah S.Pd. (pembimbing).

0 komentar: